AFF Cup 2010
Indonesia
Malaysia
Myanmar
Singapura
Thailand
Vietnam
Laos
Filipina









buka buku-buku lama trus dapet ini kutipan dari file gw pas SMA ..
gk tau sumber'y dari mana .. gw lupa udah lama sih .. hehehe ..
"jika sesuatu yang kita punya menghasilkan cara uantuk apa yang kita inginkan ..
ini adalah ukuran dari kesuksesan hidup ..
lalu beberapa orang akan mengatakan kau gagal ..
tapi hal yang paling penting adalah tidak untuk menjadikan hidup terlalu pahit dengan kekecewaan ..
kita belajar untuk melupakan masa lalu dan kita menyadari itu setiap hari ..
Ketika kau menemukan dirimu tersesat di kegelapan ..
ingatlah, itu hanya di kegelapan malam ..
bahwa kau masih bisa melihat bintang - bintang ..
dan bintang - bintang itu akan memimpin mu kembali ke rumah ..
jadi jangan takut untuk membuat kesalahan, tersandung dan terjatuh ..
karena penghargaan terbesar datang dari kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan ..
mungkin kau akan mendapatkan apa yang kamu harapkan ..
mungkin juga kau akan mendapatkan lebih dibandingkan yang pernah kamu bayangkan ..
siapa yang tau kemana hidup akan membawa mu ..
jalannya sangat panjang tanpa akhir ..
perjalanan adalah tujuan ..."
Smoking habits can dangerous yourself moreover smoking in public places, of course it dangerous to those who inhale the cigarette smoke.
smokers are divided into 2 : active smokers and passive smokers. Active smokers are those who smoked cigarettes alone or directly, and then passive smokers are those who inhale the cigarette smoke of others. The danger is borne by passive smokers is 3 times of the dangers of active smokers.
So how do people who smoke in public places? are there punishment for people who smoke in public places?
Actually there are regulations ban on smoking in public places that have been enacted since 2005. Punishment of jail for 3 months or a fine of 50 million rupiahs awaits the careless smoker who smokes. For those of you who smoke, are advised to stop smoking in public places if you do not want exposed to the punishment of this regulation.
Some areas designated as smoke free areas such as public places, health facilities, workplaces, places of teaching and learning process, children's activity areas, places of worship, and public transportation. However, the implementation is not maximized so that the habits of smokers who smoke in public places is still frequently encountered.
Many boards warning "No Smoking" sign board but somehow it just became a wall decoration only.
Judul Penelitian : Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Perkembangan global sekarang ini begitu pesat. Dalam penggunaan teknologi pun sudang berkembang ke berbagai bidang. Terutama dalam bidang pendidikan. Seiring perubahan teknologi, pradigma pembelajaran pada perguruan tinggi pun berubah. Keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi tidak lagi tergantung atau mengacu kepada pengajar atau dosen tetapi mengacu kepada keaktifan pelajar atau mahasiswa.
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, penggunaan internet memberikan kemudahan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.
Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana mahasiswa Fakultas Ekonomi telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah.
1.2. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah mahasiswa Fakultas Ekonomi telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
2. Alasan apa yang memotivasi mahasiswa prodi Fakultas Ekonomi memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3. Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
1.3. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1. Jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
2. Alasan yang memotivasi mahasiswa Fakultas Ekonomi memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa Fakultas Ekonomi memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
1.4. Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi.
2. Tinjauan Pustaka
2.1. Pengertian Internet
Internet (inter-network)dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet .
Selain pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta berbagai layanan lainnya.
2.2. Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran
Peralatan berbasis teknologi informasi yang dikenal dan dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain: email, penugasan dengan sarana web, permainan komputer, sistem pengelola pembelajaran (learning management systems), daftar surat-menyurat (mailing list), papan bulletin (bulletin boards) dan multi media.
1. Email
Pada saat ini, penggunaan email merupakan cara komunikasi yang inovatif dengan peserta didik. Cara penggunaannya dapat dilakukan secara dialog orang-per-orang(one-on-one dialogs) pokok bahasan tertentu dan sebagian besar email untuk penugasan. Penggunaan lain dari email, yaitu “just-in-time-teaching).
2. Penugasan Web
Pengguna dari World Wide Web terbiasa dengan informasi yang berlebih dan kemudahan dalam menemukan materi. Di lingkungan pendidikan dan pelatihan sering instruktur memberikan penugasan melalui web, seperti permintaan kepada peserta didik untuk singgah di situs web (website) tertentu dan menjelaskan informasi apa yang didapatkan dalam pembelajaran kelas. Melalui web memberikan peluang kepada instruktur menjelaskan sumber materi pembelajaran aktual kedalam kelas.
3. Permainan Komputer dan Simulasi
Penggunaan permainan komputer sangat populer digunakan dalam pembelajaran dinamis. Permainan untuk pembelajaran yang disimulasikan di kelas atau secara on-line banyak tersedia dalam bentuk digital. Beberapa pembelajaran permainan komputer dan simulasi ini sudah mulai dicoba penggunaannya dalam pendidikan militer dalam mensimulasikan latihan perang, atau latihan kesiapan satuan tempur.
4. Pengajaran menggunakan Blog
Blog (blok web) merupakan barang baru di dunia internet. Blog merupakan kelanjutkan dari home page yang bersifat statis. Dalam blog, intruktur dapat menyatakan pandangan, pengalaman, pengamatan, pendapatnya. Dalam kasus ini blog dapat menjadi sebuah jurnal publik, yang memungkinkan pembaca untuk menyampaikan komentar, yang dapat menjadikan blog sebagai tempat debat publik. Blog dapat digunakan untuk berbagai tujuan: (1) Digunakan oleh peserta didik untuk memelihara blog mereka; (2) Instruktur menggunakan blog untuk melaksakan diskusi topik tertentu yang memerlukan komentar peserta didik; (3) Digunakan oleh peserta didik untuk membaca dan memberi komentar materi pembelajaran.
3. Metodologi Penelitian
3.1. Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survai, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
3.2. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang meliputi mahasiswa angkatan 2008 dan 2009. Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling.
3.3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
3.4. Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.
4. Daftar Pustaka
http://ardyprasetyo.wordpress.com/2008/04/12/pemanfaatan-internet-sebagai-media-pembelajaran/
http://id.shvoong.com/books/1901179-pengertian-internet/
http://praptonasdor.wordpress.com/2008/07/10/penggunaan-komputer-dan-internet-dalam-pembelajaran/
Powered by
Exclusive design by